Pola Makan Nutrisi Gizi Seimbang Penting pada Masa Kehamilan

Nutrisi seimbang sangat penting di dalam kehamilan. Makanan yang Ibu makan adalah sumber nutrisi bagi janin di kandungan. Seiring dengan pertumbuhan janin, nutrisi yang dibutuhkan akan semakin meningkat. Langkah pertama untuk membangun pola makan dengan nutrisi seimbang adalah dengan melihat jenis makanan yang akan dikonsumsi. Pada usia kehamilan dini. Kebutuhan kalori ekstra akan didapatkan dengan menambah 3 porsi makanan kecil diantara 3 porsi makan besar, hal ini juga dapat mengurangi rasa mual yang sering terjadi di kehamilan trimester pertama.

Makan sehat juga berarti menghindari jenis makanan dan minuman yang dapat berbahaya, termasuk di dalamnya adalah alkohol, narkotik, dan rokok.

Untuk  nutrisi selama kehamilan, sebaiknya setiap hari Ibu makan 1 atau 2 jenis buah yang kaya akan vitamin C dan minimal 1 porsi sayuran berwarna hijau tua atau kuning tua untuk zat besi ekstra, serat, dan asam folat. Makanlah daging merah sebagai sumber dari zat besi. Berhati-hatilah selalu akan makanan yang Ibu makan, beberapa jenis makanan dapat mengandung bakteri yang berbahaya bagi perkembangan janin. Di bawah ini adalah tabel yang berisikan nutrisi yang sebaiknya Ibu penuhi di dalam kehamilan.
Nutrisi seimbang adalah makanan yang mengandung protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral. Dalam terjemahannya adalah nasi/kentang/roti, sayuran, daging/ikan/kacang, buah, minyak, dan susu. Apabila kebutuhan tidak dapat dipenuhi melalui makanan maka sebaiknya Ibu mengkonsumsi suplemen dengan anjuran dari dokter kebidanan.













.