Cara Mencegah Terjadinya Kulit Wajah Kering

Ladies, memiliki kulit kering dan kulit kusam memang bisa mengganggu penampilan seseorang. Sebenarnya apakah penyebab kulit kering dan kulit kusam itu? Kulit kering dapat terjadi karena kurangnya kadar minyak pada kulit (minyak sebum) sehingga hal ini mengakibatkan kulit cepat kering dan kusam. Minyak sebum ialah suatu kelenjar minyak alami yang dihasilkan dari kulit tubuh kita, minyak ini berfungsi membantu memberikan kelembaban pada kulit tubuh.

Berikut cara mencegah kulit kering :

Gunakan Masker Alpukat
Alpukat adalah salah satu buah yang kaya akan vitamin E. Vitamin E sendiri adalah salah satu nutrisi yang berguna untuk menjaga kesehatan kulit kita. Cara merawat kulit kering dengan alpukat sendiri adalah dengan melumat daging buah alpukat sampai halus, lalu oleskan merata ke seluruh wajah. Setelah didiamkan selama 15 menit, segera bilas muka dengan air dingin sampai bersih. Selain bisa digunakan sebagai masker, mengkonsumsi alpukat secara rutin juga akan bisa menjaga kekencangan kulit kita.

Konsumsi Air Putih
Dehidrasi karena kekurangan air adalah salah satu penyebab utama kulit kering. Jadi untuk mengatasinya, biasakanlah untuk meminum air paling tidak dua liter per hari agar asupan cairan tubuh terpenuhi. Biasakan juga untuk selalu minum segelas air sebelum tidur untuk menghindari dehidrasi selama kita beristirahat. Meskipun anda harus banyak minum, namun usahakan untuk selalu menghindari minuman yang terlalu banyak mengandung alkohol, kafein, atau bahan pengawet karena justru akan berdampak buruk bagi kesehatan kulit dan tubuh anda.

Gunakan Selalu Pelembab
Khusus bagi anda yang tidak bisa menghindari sinar matahari serta ruangan ber-AC, pelembab kulit wajah adalah barang wajib yang harus selalu anda pakai. Namun kadang tak semua jenis pelembab kulit sesuai dengan wajah anda. Beberapa jenis pelembab mungkin justru akan menimbulkan efek buruk seperti panas, gatal, perih, bahkan pengelupasan kulit. Untuk mendapatkan pelembab yang cocok, mau tidak mau anda harus menguji semua jenis produk pelembab sampai ketemu yang cocok untuk kulit anda. Hindari juga pelembab yang mengandung terlalu banyak bahan pewangi serta zat retinoid karena justru akan merusak kulit anda.

Makan makanan yang  mengandung omega-3
Memakan ikan seperti salmon, sardine atau kenari akan membantu menghasilkan minyak alami dan mineral. Hal ini membuat kulit terlihat segar dan sehat.

Kontrol Pikiran (Hindari stress)
Biasanya orang yang mudah stress, akan terlihat pucat dan kusam, oleh karenanya usahakan rilekskan pikiran anda, supaya terhindar dari stress berat. Mengapa stress bisa mempengaruhi kelembaban kulit? Karena yang dalam pikirannya terlalu banyak beban (stres) aliran darah dalam tubuhnya akan menjadi tidak lancar. hal inilah yang kemudian membuat kulit tegang dan lama-kelamaan akan kering dan kusam.

Porsi Tidur yang cukup ( jangan terlalu sering begadang)
Kurang tidur atau sering begadang juga masuk ke dalam salah satu sebab kulit anda tampak kusam dan kering, oleh karenanya jangan biasakan waktu istirahat malam anda untuk dipaksakan kerja (kecuali yang masuk kerja malam bisa diatasi dengan siangnya tidur). Selain bisa mengakibatkan kulit kusam dan kering sering begadang juga tidak baik untuk kesehatan tubuh. Istirahatlah atau tidur minimal 7-8 jam dalam semalam untuk mendapatkan kulit segar dan tentunya untuk mendapatkan kesehatan badan kita.

Itulah sedikit ulasan mengenai cara mengatasi kulit kering dan kusam semoga bisa memecahkan masalah kulit kering kalian.













.