Pengalaman Mengikuti Ujian Tes CAT CPNS 2013

Pada hari ini, tanggal 07 Oktober 2013, admin mengikuti ujian tes CAT yang diselenggarakan oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk wilayah Banjarmasin yang berlokasi di Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban Banjarmasin). Admin mendapat jadwal SESI I yang berlangsung mulai jam 08.00-09.30. Akan tetapi, walaupun jam mulainya dari pukul 08.00, kita diwajibkan untuk hadir jam 07.30, atau setengah jam (30 menit) sebelum ujian tes CAT dimulai. Nantinya, selama 30 menit itu akan diberikan pengarahan singkat seputar tata ujian tes sistem CAT Kemenkeu.

Alur Proses Mengikuti Seleksi Ujian Tes CAT Kemenkeu
  1. Peserta ujian tes sistem CAT Kemenkeu wajib hadir 30 menit sebelum ujian tes CAT dimulai sesuai jadwal SESI kalian.
  2. Nantinya peserta harus registrasi ulang ke panita dengan menunjukkan KTP asli dan Kartu Tanda Peserta Ujian (TPU).
  3. Petugas registrasi akan mencocokan data anda dengan daftar hadir dan mencocokan data kartu TPU anda dengan KTP asli anda.
  4. Setelah data dinyatakan valid, maka peserta disuruh menandatangani Daftar Hadir.
  5. Baru kemudian peserta disuruh masuk ke dalam ruangan komputer. Sebelum diperbolehkan masuk, peserta DILARANG membawa Handphone, jaket dilepas, segala alat tulis pun tidak dibawa dan ditinggal di dalam tas. Tas peserta nanti akan dititipkan di petugas jaga. Peserta hanya membawa kartu TPU dan KTP asli.
  6.  Peserta akan diberikan komputer untuk media ujian tes sistem CAT-nya dimana masing-masing komputer telah diberi nomor urut. Kalian duduk sesuai dengan nomor yang telah diberikan panita saat Registrasi Ulang.
  7. Sebelum memulai mengerjakan soal CAT, kalian akan dipandu dan diberikan bimbingan bagaimana cara mengisi NIK dan Nomor TPU agar tidak salah.
Soal untuk ujian tes CAT ada 100 soal, dengan bobot jawaban benar nilainya 5. Jadi, jika kalian bisa menjawab 100 soal dengan benar, maka kalian mendapat skor 500 point dengan waktu 90 menit (1 jam 30 menit). Bentuk soal adalah PILIHAN GANDA dengan jawaban dari A s.d. E. Kalian tinggal MENGKLIK jawaban dengan memakai MOUSE pada jawaban pilihan A, B, C, D, atau E yang kalian anggap benar.
Soal Tes CAT Kemenkeu
Kegiatan ujian tes CAT dengan sistem komputer
Sebagai bocoran, soal-soal yang diujikan dalam CAT ini adalah seputar SEJARAH, TATANEGARA (berhubungan dengan pasal-pasal), HITUNGAN, dan tes KEPRIBADIAN. Untuk Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris TIDAK DIUJIKAN. Jadi, bagi yang belum ikut atau belum kena giliran ujian tes CAT Kemenkeu, disarankan untuk MENDALAMI soal-soal seperti disebut di atas.

Jika peserta telah selesai mengerjakan soal, kalian bisa keluar keluar ruangan tanpa menunggu waktu 90 menit selesai. Hasil skor nilai dari ujian tes CAT akan diumumkan pada hari itu juga yang akan ditempel di papan pengumuman 15 menit setelah selesai ujian tes CAT.

Dalam hal ini, admin kurang beruntung, dari 30 peserta yang ikut tes CAT pada hari Senin tanggal 07 Oktober 2013 untuk SESI I, admin hanya menduduki urutan ke-12 dengan skor akhir 258 point. Adapun untuk urutan pertama, mendapat point sekitar 380-an point.

Hasil yang buruk bagi admin karena hanya menempati urutan ke-12. Dalam hati agak pesimis bisa tembus dalam CPNS Kemenkeu kali ini (ha... ha... ha... malah jadi curhat).

Oke, selamat berjuang bagi yang akan menghadapi ujian tes CAT Kemenkeu. Admin doakan moga kalian sukses dan bisa tembus menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Kementerian Kemenkeu.

Note:
Cuma mengingatkan lagi, kalian tidak dibolehkan membawa HP, memakai jaket, dan membawa alat tulis. Untuk alat tulis, sudah disiapkan di dalam ruangan tes. Jangan lupa membawa kartu TPU dan KTP asli, kalau tidak, kalian tidak diiukutkan tes sistem CAT Kemenkeu 2013. 













.