Cara Mengontrol Tekanan Darah Tinggi Penderita Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah penyakit yang terjadi akibat peningkatan tekanan darah.  Bagi yang mempunyai penyakit  hipertensi, anda harus berhati-hati terhadap komplikasi yang dapat ditimbulkan oleh penyakit ini.

10 tips  dibawah ini dapat membantu anda menjalani hidup sehat dengan tekanan darah yang terkontrol antara lain ;
  1. Periksa tekanan darah anda secara rutin. Sekarang di pasaran banyak alat-alat pengukur tekanan darah digital. Dengan mempunyai alat tersebut anda dapat memeriksa tekanan darah  secara rutin  tanpa harus ke dokter atau tenaga kesehatan.
  2. Kontrol secara rutin ke dokter anda. lakukan hal ini secara rutin kira-kira 1 bulan sekali untuk melihat hasil pengobatan anda. selalu tanyakan dosis dan efek samping obat yang dapat ditimbulkan.
  3. Tetap minum obat.
  4. Makan makanan dengan gizi seimbang. Penderita hipertensi diharuskan mengkonsumsi makanan yang sehat. Makan makanan dengan tinggi kalium dan tinggi serat sangat baik untuk pembuluh darah.  
  5. Olahraga rutin. Olah raga dapat dilakukan minimal selama 30 menit dan rutin minimal 2 kali seminggu untuk membantu mengontrol tekanan darah anda.
  6. Hindari kebiasaan merokok dan minum alkohol.
  7. Hindari makanan yang mengandung banyak garam. Makanan yang asin dapat meningkatkan tekanan darah anda, sebaik di cek dahulu kadar natrium yang ada dalam produk makanan. Untuk makan-makanan yang dimasak tidak harus tanpa garam sama sekali namun dikurangi kadarnya.
  8. Tidur yang cukup. Semakin banyak anda beristirahat semakin rendah tekanan darah anda.  Hormon stress akan meningkatkan tekanan darah bila anda kurang tidur.
  9. Kontrol berat badan anda. Berat badan sangat berpengaruh terhadap tingginya tekanan darah. Dengan menjaga asupan diet dan berolahraga teratur dapat mengontrol berat badan anda.
  10. Segera hubungi tenaga kesehatan bila mengalami gejala-gejala komplikasi dari tekanan darah tinggi.













.