Kategori Jenis Ukuran Kadar Kolesterol Darah Normal

blogger templates
Perhatian bagi para dokter di seluruh dunia dalam memberikan pengobatan kolesterol pada pasien. Sebuah penelitian di Jerman menemukan bahwa dari 25.250 pasien di Jerman, hanya sekitar setengahnya mendapatkan target yang sesuai untuk menurunkan kolesterol.

Penelitian ini menemukan bahwa sekitar 50 hingga 80 bahkan kurang dari kejadian serangan jantung, stroke dan kematian terkait dengan penyakit jantung pada setiap 1000 pasien dapat dihindari selama periode 10 tahun jika semua dokter mengikuti panduan dalam menurunkan kolesterol sesuai target.

Menurut Profesor Heribert Schunkert, seorang kardiologis yang melakukan penelitian di Lubeck, Jerman, menyatakan bahwa inti pertanyaan berhubungan dengan persepsi akan risiko pasien. Umumnya mereka yang diberi koreksi jika mereka memiliki riwayat serangan jantung, penyakit jantung koroner dan diabetes. Sedangkan wanita seringkali dipersepsikan memiliki risiko jantung yang lebih rendah jika dibandingkan dengan risiko sebenarnya, dan ini dapat mengarah pada penangan yang kurang cukup.


Profesor Heribert Schunkert
Kolesterol merupakan suatu substansi lemak yang dibawa di dalam darah dengan bantuan ‘kendaraan’ yang disebut lipoprotein.  Kolesterol dapat tersimpan pada dinding arteri dengan batuan LDL, yang sering disebut dengan kolesterol jahat.

Maka jika semakin tinggi LDL, maka kolesterol yang tersimpan pada dinding arteri semakin banyak dan semakin besar kemungkinannya untuk terjadi penyakit jantung. Sedangkan HDL atau yang lebih dikenal dengan kolesterol baik mampu membawa kelebihan kolesterol jahat di pembuluh arteri untuk dibuang. Sehingga HDL akan mencegah kolesterol mengendap di arteri dan mencegah aterosklerosis (pengerasan pembuluh darah).

Tindakan yang dilakukan untuk menurunkan kolesterol dapat menggunakan obat, diet dan peruahan gaya hidup adalah penting sebagai pencegahan penyakit lebih lanjut yang diakibatkan oleh kadar kolesterol tinggi.
KADAR KOLESTEROL TOTAL KATEGORI
<200 mg.dL Kadar yang diinginkan akan menempatkan pada risiko rendah terjadinya penyakit jantung koroner. Jika terdapat pada kadar 200 mg/dL maka dapat meningkatkan risiko.
200-239 mg/dL Risiko tinggi perbatasan
240 mg/dL Kolesterol darah tinggi. Seseorang dengan kadar ini memiliki risiko penyakit jantung koroner dua kali lipat dari seseorang yang kadar kolesterol <200 mg/dL

Pemerintah Inggris menyarankan bahwa total kolesterol harus kurang dari 5 mmol/l (193,35 mg/dL). Umumnya pria di Inggris memiliki kadar kolesterol 5.5 mmol/L ( 212,65 mg/dL) dan wanita memiliki kadar 5,6 mmol/L (216,552 mg/dL). Untuk lebih mudahnya, American Heart Association (AHA) menyediakan panduan kadar kolesterol darah dan risiko penyakit jantung sebagai berikut:
KADAR KOLESTEROL HDL KATEGORI
<40 mg/dL (laki-laki) Kolesterol HDL rendah. Faktor risiko utama penyakit jantung
<50 mg/dL (wanita)
³60 mg/dL Kolesterol HDL tinggi. HDL ³60 mg/dL tergolong protektif terhadap penyakit jantung

Jika kolesterol total 200 mg.dL, atau kolesterol HDL <40 mg/dL (laki-laki) dan <50 mg/dL (wanita), maka lakukan pemeriksaan untuk mengetahui kadar kolesterol LDL dan trigliserida. Jika kolesterol tinggi atau terdapat faktor risiko lain, konsultasikan dengan dokter untuk pemantauan lebih lanjut.
KADAR KOLESTEROL LDL
KATEGORI
<100 mg/dL Optimal
100-129 mg/dL Mendekati atau melewati optimal
130-159 mg/dL Perbatasan tinggi
160-189 mg/dL Tinggi
190 mg/dL Sangat tinggi
  • Jika tidak terdapat peyakit jantung koroner atau diabetes dan memiliki satu atau tidak memiliki faktor risiko, LDL harus <160 mg/dL
  • Jika tidak memiliki penyakit jantung koroner atau diabetes dan memiliki dua atau lebih faktor risiko, makan LDL sebaiknya,130 mg/dL
  • Jika tidak terdapat penyakit jantung atau diabetes, LDL harus berada pada <100 mg/dL
KADAR TRIGLISERIDA KATEGORI
<150 mg/dL Normal
150-199 mg/dL Perbatasan tinggi
200-499 mg/dL Tinggi
500 mg/dL Sangat tinggi













.