Cara Menghilangkan Stress dengan Terapi Kelompok

MANUSIA diciptakan sebagai makluk sosial dan inilah yang mendasari mengapa seseorang yang sedang dilanda stres tidak perlu sendirian. Cobalah mengikuti terapi kelompok. Sesuai dengan namanya, sistem terapi psikologis ini dilakukan dengan sekelompok orang dalam satu sesi, bukan satu per satu.

Apa manfaat terapi ini? Terapi kelompok sangat bermanfaat dalam menumbuhkan kesadaran bahwa Anda tidak sendirian. Masih ada orang lain di sekitar Anda yang mengalami masalah yang sama. Hal ini seringkali menjadi obat pelega bagi orang yang sedang stres atau selalu panik karena merasa sendiri.
Selain itu, terapi ini bisa membantu Anda mengembangkan kemampuan berinteraksi dengan orang lain. Kelompok kecil ini bisa menjadi gambaran masyarakat secara umum dan belajar bersosialisasi dengan anggota kelompok tersebut bisa membantu Anda membangun hubungan di luar kelompok. Selain itu, anggota kelompok yang mempunyai masalah sama juga bisa saling mendukung, bahkan mungkin bisa menawarkan saran berkaitan dengan masalah yang Anda alami.

Pada tahap awal, mungkin Anda merasa canggung membeberkan masalah Anda di depan kelompok apalagi jika Anda introvert. Akan tetapi, fakta bahwa mereka juga mengalami situasi yang sama akan membuat Anda lebih terbuka dalam mendiskusikan masalah pribadi Anda. Dan yang terpenting, apa pun yang dibicarakan dalam setiap sesi akan tetap menjadi rahasia terapis dan anggota kelompok saja.

Bagaimana prosesnya? Setiap sesi terapi mungkin akan berbeda-beda. Tapi pada prinsipnya, Anda beserta sekelompok kecil pasien lainnya akan berkumpul dan mendiskusikan perasaan dan masalah masing-masing. Sesi ini akan dipandu oleh seorang terapis profesional yang khusus dilatih untuk terapi kelompok. Terapis akan bertindak sebagai moderator dan menyarankan tema atau topik yang akan didiskusikan oleh anggota kelompok. Kadang-kadang, terapis akan membiarkan Anda atau anggota kelompok lain untuk menentukan topik yang hendak dibicarakan.

Ketika menjadi bagian dari sebuah kelompok, Anda akan terdorong untuk mengubah perilaku dan menjadi lebih produktif. Pada umumnya, anggota akan menghabiskan sejumlah besar waktu untuk saling berinteraksi dan berdiskusi. Para anggota juga bisa melakukan aktivitas khusus, seperti menemukan dan melepaskan akar segala ketakutan dan kecemasan.

Siapa saja yang bisa mengikuti terapi? Terapi kelompok akan bermanfaat bagi siapa saja yang memerlukan penanganan kesehatan mental. Sama seperti terapi individu, terapi kelompok juga berdampak positif bagi orang-orang yang mengalami kondisi seperti kecemasan, panik, depresi, gangguan keluarga, ketergantungan, dan sejenisnya.

Anda tertarik? Cobalah berkonsultasi dengan seorang psikolog. Ia tentu bisa membantu Anda mendapatkan tempat dan teman yang tepat untuk memulai terapi kelompok.













.