Mengenal Tes Apgar Setelah Melahirkan Bayi Baru Lahir

Skor Apgar atau tes Apgar mengacu pada tes yang diberikan kepada bayi di ruang bersalin segera setelah sang buah hati terlahir. Ini merupakan penilaian cepat  kondisi bayi  dan digunakan oleh penyedia layanan kesehatan untuk menentukan apakah bayi Anda membutuhkan pengamatan yang lebih hati-hati atau perawatan medis darurat.

Kapan Dilakukan?
Tes untuk mengetahui skor Apgar  diberikan  satu menit setelah bayi dilahirkan  dan diulang  lima menit kemudian. Tes ini dilakukan dengan  mengukur denyut jantung, tingkat dan upaya pernapasan, warna kulit, kekencangan otot, dan respon terhadap rangsangan.
Berapa Angka Dibutuhkan?
Kemungkinan nilai Apgar akan berkisar antara 0 sampai 10, dan 10 adalah skor  tertinggi.Kendati  kerap dilakukan oleh dokter spesialis kandungan pasca kelahiran, tes Apgar perlu dipahami hanya sebagai salah satu alat diagnostik. Tes Apgar bukanlah indikasi prospek kesehatan jangka panjang bayi. Seorang bayi mungkin hanya memiliki skor  lima atau enam pada satu menit. Namun skor ini dapat  meningkatkan menjadi tujuh pada lima menit kemudian dan seterusnya.

Bagaimana Jika Skor Apgar Kurang?
Bayi yang mendapat skor di atas tujuh dinyatakan sudah dalam kondisi baik, namun skor yang lebih rendah tidak berarti bahwa bayi tidak normal. Ini bisa saja berarti  jika bayi memerlukan ekstra perawatan, seperti oksigen.

Banyak bayi yang berasal dari kehamilan berisiko tinggi, persalinan dengan bedah caesar, persalinan  sulit , sehingga memiliki skor Apgar rendah. Namun ketika telah diberikan perawatan yang tepat, bayi akan  terus berkembang menjadi bayi yang sehat.













.