Obat Tradisional Mengobati Pilek Demam Batuk Berdahak Anak

Pilek
  • Buatkan minuman hangat, seperti jeruk peras atau beras kencur.
  • Parut bawang merah kemudian tempelkan pada tulang leher ketujuh (bagian tengkuk) dan ubun-ubun anak setelah sebelumnya diolesi minyak telon/kayu putih.
  • Bawalah bayi berjemur di bawah sinar matahari pagi sekitar jam 7-8 pagi. Hangatkan bagian dadanya 1/4 jam, kemudian punggungnya. Untuk anak yang lebih besar, aktivitas berjemur ini bisa dilakukan sambil jalan-jalan pagi.
Penurun demam akibat batuk pilek
  • Balurkan parutan bawang merah yang sudah dibubuhi sedikit minyak telon pada pusar dan ubun-ubun, juga punggung hingga bagian bokongnya sambil diurut secara lembut.
  • Buatkan ramuan berupa secangkir air kelapa satu ditambah 1 sendok teh madu, aduk, lalu kukus. Setelah dingin, berikan pada anak sebanyak 3 sendok teh setiap 2 jam sekali. Tapi ramuan ini sebaiknya diberikan hanya pada bayi usia 8 bulan ke atas.
  • Untuk anak yang berumur 5 tahun lebih, cobalah ramuan berupa campuran air kunyit dan madu. Bakarlah 1/2-1 ruas jari kunyit yang sudah bersih, kerik kulitnya lalu parut. Tuangkan air matang 1/2 cangkir, peras, kemudian endapkan. Campur bagian air kunyit tanpa endapan ini dengan kocokan 1 butir kuning telur dan 1 sendok makan madu, kemudian suapkan pada anak.
Batuk berlendir
Buat ramuan yang terdiri dari 1 siung bawang putih yang diparut ditambah masing-masing 1 sendok makan air jahe, air kunyit, air jeruk nipis, madu dan 3 sendok makan air matang. Kukuslah campuran bahan-bahan ini lalu minumkan anak 3-4 kali sehari 2 sendok teh.

Dahak susah keluar
Parut 1 butir bawang merah dan 1 ruas jahe kemudian peras, ambil airnya. Campur dengan perasan dari 7 butir adas manis dan parutan 1 ruas kunyit. Kemudian tambahkan 1 sendok makan air jeruk nipis dan 1/2 gelas air. Lalu kukus dan saring, kemudian berikan ke anak masing-masing 2 sendok teh 3x sehari.

Batuk
Ke dalam sebuah cangkir, masukkan perasan jeruk nipis 1 sendok makan lalu tambahkan madu dan air matang masing-masing 2 sendok makan. Kukus selama beberapa menit lalu dinginkan kembali. Setelah suam-suam kuku, minumkan ke anak 5x sehari sebanyak 1-2 sendok teh.

Batuk 100 hari
Buatlah ramuan umbi bidara upas kira-kira 1/2 jempol yang sudah bersih. Kemudian parut dan seduh dengan air panas, lalu aduk-aduk. Diamkan sampai suhunya hangat. Saring dan tambahkan sedikit madu. Minum sampai habis. Buatlah ramuan ini 3 kali sehari.













.