Pembengkakan Telinga dan Bengkak Kepala Imunisasi BCG

Anak saya sekarang berumur 1 tahun 2 bulan. Waktu berumur sebulan dia mendapat imunisasi BCG. Setelah imunisasi timbul reaksi pembengkakan kelenjar di belakang telinga sebelah kanan dan di kepala belakang. Ukurannya kira-kira sebesar biji kacang hijau dan tidak bertambah. Dulu saya pernah konsultasi ke dokter anak, katanya setelah tiga bulan nanti hilang. Tetapi setelah tiga bulan kok tidak juga hilang. Ketika anak sakit batuk saya kembali tanya ke dokter, katanya tunggu umurnya satu tahun nanti dilakukan biopsi.
Pertanyaan saya, apakah penyakit anak saya itu berbahaya? Bisakah hilang sendiri? Kalau dilakukan biopsi apakah tidak berbahaya dan apa yang harus dilakukan? Apakah ada cara lain untuk sembuh tanpa diadakan biopsi? Terima kasih dan mohon penjelasan Dokter. (Nofi ­- Batam)
Sayang, data tentang BB dan TB anak tidak disertakan. Pembengkakan kelenjar getah bening di belakang telinga dan kepala biasanya bukan akibat imunisasi BCG di lengan. Kondisi ini sering disebabkan oleh infeksi sekitarnya, semisal bisul di kepala. Jika benar ukurannya hanya sebesar kacang hijau, masih dapat dikatakan normal dan tidak berbahaya meskipun belum hilang sendiri. Jika normal mungkin belum perlu dilakukan biopsi dan tidak perlu obat obatan kecuali ada kecenderungan semakin membesar. Biopsi biasanya dilakukan oleh dokter bedah.













.