Cara Sehat Mencegah Terjadinya Sakit Nyeri Punggung

Cara Sehat Menjaga Punggung
Tulang punggung keluarga merupakan kunci terciptanya suatu keluarga yang sejahtera. Demikian juga tulang punggung manusia, yang mempunyai peranan yang sangat besar dalam menjaga kestabilan tubuh kita. Untuk itu, kita harus senantiasa menjaga kesehatan tulang punggung kita.

Kita keseringan bekerja dalam posisi duduk. Maka dari itu penting untuk mengetahui bagaimana cara duduk yang benar. Beberapa tips yang dapat dilakukan jika kita sedang duduk adalah :
  1. Duduk tegak dengan punggung lurus dan bahu kebelakang. Bokong harus menyentuh bagian belakang dari kursi. Kita mengetahui bahwa tulang punggung bagian pinggang agak lengkung kedepan, karena itu dapat diletakkan bantal untuk menyangga kelengkungan tulang punggung kita itu.
  2. Untuk mengetahui posisi terbaik saat duduk, pertama duduklah di ujung belakang kursi, kemudian membungkuklah dalam-dalam. Lalu angkatlah tubuh sambil membuat lengkungan dengan pusat di pinggang sejauh mungkin kedepan. Kemudian kendurkan posisi tersebut kebelakang sekitar 10-200. Itulah posisi terbaik duduk Anda.
  3. Pusatkan beban tubuh pada satu titik agar seimbang.
  4. Posisi lutut mempunyai peranan penting juga. Untuk itu tekuklah lutut sehingga lutut lebih tinggi dari pinggul.
  5. Jangan menyilangkan kaki. Sebaiknya digunakan pijakan dibawah kaki namun posisi kaki tetap sejajar dengan lantai.
  6. Usahakan istirahat setiap 30-45 menit dengan cara berdiri dan peregangan untuk sesaat.
  7. Tangan dibuat senyaman mungkin di atas meja, namun jangan lupa untuk mengistirahatkan lengan dan siku Anda.
  8. Jika ingin mengambil sesuatu yang berada disamping atau dibelakang, jangan memuntir punggung Anda. Putarlah keseluruhan tubuh sebagai satu kesatuan.
Beberapa diantara kita belum pernah mendengar senam untuk punggung. Ternyata untuk menjaga kesehatan tulang punggung, tidak hanya dilakukan dengan menjaga cara duduk namun juga dapat dilakukan senam punggung.













.