Bayi Baru Bisa Tengkurap Saat Umur 8 Bulan Normalkah

Dokter saya mau tanya soal putri saya (8 bulan). Sewaktu lahir berat badannya 3 kg dan panjangnya 50 cm. Sekarang beratnya sekitar 6 kg saja (makan bubur dan minum susunya kurang kuat). Sekitar umur 7 bulan baru mau tengkurap sendiri dan sampai sekarang belum bisa merangkak meski sudah berguling-guling sendiri. Bila diberdirikan kakinya tidak mau menjejak lantai, masih diangkat. Apa ini masih normal saja dan tidak masalah bila kami ajari duduk?
 
Perlu Dokter ketahui, sewaktu usia 5 bulan dia diambil darahnya karena panas dan kami takut gejala demam berdarah. Apa ini bisa berpengaruh terhadap sistem sarafnya? Akhir-akhir ini pun dia sering bangun tengah malam dan badannya panas (tapi bukan demam, sudah kami periksa menggunakan termometer sekitar 37,5 derajat Celcius) Apa yang harus kami lakukan Dok? Terima kasih. (Hendra ­- Banjarmasin)
BB putri Bapak yang saat ini berusia 8 bulan setara dengan bayi usia 5 bulan. Jadi, ada keterlambatan pertumbuhan. Jika ia baru bisa tengkurap pada usia 7 bulan, berarti ada keterlambatan dalam perkembangan. Namun jika ia sudah bisa duduk tegak sendiri tanpa dipegang pada usia 8 bulan, ini normal. Tampaknya ada sedikit keterlambatan dalam tumbuh dan kembangnya. Ia perlu diberi makan bergizi dan juga perlu stimulasi (latihan), misalnya dengan permainan. Ia perlu segera dibawa ke dokter anak untuk pemeriksaan lebih lanjut. Jika ia sering bangun tengah malam mungkin ada yang dia rasakan misalnya lapar, kembung, kedinginan, kepanasan dan sebagainya. Coba dicari penyebabnya.













.